Tautan-tautan Akses

AS

Max Baucus, Calon Dubes AS untuk China


Senator Max Baucus dicalonkan sebagai Dubes AS untuk China (Foto: dok).

Senator Max Baucus dicalonkan sebagai Dubes AS untuk China (Foto: dok).

Senator berpengaruh Max Baucus dilaporkan telah dicalonkan sebagai duta besar Amerika untuk China, mengisi salah satu posisi diplomatik Amerika paling sulit pada saat ketegangan meningkat dengan Beijing.

Para staf Senat Amerika mengatakan Presiden Barack Obama kemungkinan akan mengumumkan secepatnya pencalonan Baucus, hari Kamis (19/12), Senator berpengalaman yang dikenal memiliki pendirian keras terhadap praktik-praktik perdagangan China yang kontroversial.

Menanggapi laporan itu, juru bicara kementerian luar negeri China, Hua Chunying mengatakan siapapun yang ditunjuk sebagai duta besar harus berusaha mendukung hubungan Amerika-China yang sehat.

Baucus, yang berusia 72 tahun dan berasal dari negara bagian Montana, sebelumnya telah mengumumkan akan mengundurkan diri dari Senat pada akhir tahun 2014. Saat ini Baucus menjabat sebagai Ketua Komisi Keuangan Senat, yang mengurus isu-isu pajak dan pendapatan.

Jika pencalonan tersebut dikukuhkan oleh Senat Amerika, Senator dari Partai Demokrat itu akan ditugaskan membantu menjalankan kebijakan strategis Gedung Putih terhadap Asia. Meski Baucus telah bertemu beberapa kali dengan Presiden China Xi Jinping, ia memiliki pengalaman terbatas berurusan dengan isu-isu keamanan Amerika-China.
XS
SM
MD
LG