Tautan-tautan Akses

Mata Uang Kuadriliun Zimbabwe Dihargai Lebih di Internet


Seorang perempuan memegang selembar uang 100 triliun dolar di Harare, denominasi tertinggi yang dicetak bank sentral Zimbabwe.

Seorang perempuan memegang selembar uang 100 triliun dolar di Harare, denominasi tertinggi yang dicetak bank sentral Zimbabwe.

Dolar Zimbabwe yang terpuruk akibat inflasi luar biasa tinggi itu berhenti menjadi alat penukar uang sah hari Jumat ketika negara Afrika selatan itu beralih ke dolar AS.

Di situs lelang Internet eBay, selembar uang 100 triliun dolar Zimbabwe merupakan barang kolektor, dihargai sampai US$35 -- jauh lebih tinggi daripada 40 sen yang ditawarkan bank sentral yang secara resmi akan menghapus mata uang tak berharga itu.

Dolar Zimbabwe yang terpuruk itu, akibat inflasi luar biasa tinggi yang memuncak pada 500 miliar persen tahun 2008, berhenti menjadi alat penukar uang sah hari Jumat (12/6) ketika negara Afrika selatan itu beralih ke dolar AS.

Bank sentral mengatakan warga memiliki waktu sampai September untuk menukar kuadriliun dolar mereka untuk beberapa dolar AS.

Namun para ekonom mengatakan 90 persen perekonomian di negara itu telah didasarkan pada dolar AS sejak 2009, jadi sedikit orang yang diperkirakan akan menukar uang lama, apalagi karena mereka bisa mendapatkan nilai lebih di tempat lain.

"Saya kira ini buang-buang waktu. Saya lebih baik menjual uang itu ke turis," ujar Shadreck Gutuza, bekas pedagang mata uang yang sekarang melakukan jual beli mobil dari Jepang.

"Kebanyakan orang telah membakar atau membuang uang itu," katanya kepada kantor berita Reuters.

Di eBay, seorang penjual menawarkan seratus lembar uang 50 triliun Zimbabwe dengan harga $1.000.

Hiperinflasi Zimbabwe oleh Dana Moneter Internasional dianggap sebagai yang terparah di suatu negara yang tidak berperang, dan 100 triliun dolar Zimbabwe adalah lembaran uang dengan angka tertinggi yang telah dicetak bank sentral di dunia.

Para turis diketahui membayar $20 untuk selembar uang tersebut di kota resor Victoria Falls.

"Saya membeli uang 100 triliun seharga $10 jika ada banyak, tapi harus bersih," ujar seorang pedagang India yang menjual kain di pusat kota Harare.

Pemerintah telah menyisihkan $20 juta untuk membersihkan uang dolar Zimbabwe dan untuk membayar nasabah yang memiliki saldo dalam mata uang lokal sebelum 31 Maret 2009.

Rekening-rekening bank dengan saldo sampai 175 kuadriliun dolar Zimbabwe -- atau 175.000.000.000.000.000 - akan mendapat $5. Saldo lebih tinggi akan dikenai nilai lebih tinggi yaitu $1 untuk setiap 35 kuadriliun dolar Zimbabwe.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG