Tautan-tautan Akses

Master Film Horor Wes Craven Meninggal pada Usia 76

  • Associated Press

Wes Craven menghadiri pemutaran perdana film "To The Wonder" di Los Angeles, 2013.

Wes Craven menghadiri pemutaran perdana film "To The Wonder" di Los Angeles, 2013.

Craven telah mendebarkan jantung penonton dengan film-film horor berdarah dan ikonik seperti Nightmare on Elm Street dan Scream

Wes Craven, penulis skenario dan sutradara Amerika yang produktif dan telah mendebarkan jantung penonton dengan film-film horor berdarah dan ikonik seperti Nightmare on Elm Street dan Scream, meninggal dunia pada usia 76 tahun.

Dalam sebuah pernyataan, keluarga Craven mengatakan ia tutup usia di rumahnya di Los Angeles hari Minggu (30/8), dikelilingi keluarganya, setelah berjuang melawan kanker otak.

Penulis, sutradara dan penyuntin yang produktif, Craven dipuji karena menciptakan kembali jenis horor remaja dengan diluncurkannya film A Nightmare on Elm Street tahun 1984, yang dibintangi aktor tak dikenal saat itu, yaitu Johnny Depp.

Film tersebut dan tokoh antagonis menakutkan bertangan silet Freddy Krueger (dimainkan oleh Robert Englund) kemudian dibuat beberapa lanjutannya, seperti juga keberhasilan film Craven yang lain, Scream (1996).

Selain karyanya dalam film-film horor, Craven juga menyutradarai film drama Music of the Heart, yang membuat Meryl Streep mendapatkan nominasi Oscar.

​Wesley Earl "Wes" Craven lahir di Cleveland, Ohio, 2 Agustus 1939. Ia memiliki gelar S2 dalam filsafat dan menulis dari John Hopkins University dan sempat memberi kuliah sebentar di Pennsylvania dan New York. Craven memulai karirnya dalam dunia film lewat pornografi, dengan menggunakan nama alias.

Film perdana dengan namanya sendiri adalah The Last House on the Left (1972), film horor mengenai gadis remaja yang diculik penjahat dan dibawa ke hutan. Dibuat dengan biaya hanya US$87.000, film tersebut laris, meski harus disensor di banyak negara karena adegan yang terlalu grafik. Kritikus film Roger Ebert mengatakan film itu "empat kali lebih baik dari yang diharapkan."

Namun Nightmare on Elm Street-lah yang melambungkannya ke posisi ketenaran tahun 1984. Film yang berlatar Ohio dan ditulis serta disutradarai oleh Craven itu mengisahkan para remaja yang dibuntuti dalam mimpi-mimpi mereka. Film itu melahirkan waralaba tanpa henti sampai terakhir dibuat ulang tahun 2010.

Konsep tersebut, menurut Craven, datang dari masa mudanya di Cleveland, tempat ia tinggal dekat pemakaman di jalan Elm Street.

Bersama dengan film Halloween karya John Carpenter, Nightmare on Elm Street mendefinisikan tradisi horor remaja dimana para remaja yang tidak berdaya dimangsa oleh para penjahat supernatural dalam kisah-kisah moralitas. Biasanya perempuan-perempuan muda yang 'nakal' adalah korban-korban pertama.

Formula itu berlaku lagi bagi Craven dengan Scream.

Craven meninggalkan istrinya, produser Iya Labunka, seorang putra, seorang putri dan seorang putri tiri.

XS
SM
MD
LG