Tautan-tautan Akses

Maskapai AS Diizinkan Buka Penerbangan ke Kuba


Pesawat Air Force One yang membawa Presiden Barack Obama ketika tiba di Havana, Kuba 20 Maret lalu (foto: dok). AS kini mengizinkan pembukaan jalur penerbangan langsung ke Kuba.

Pesawat Air Force One yang membawa Presiden Barack Obama ketika tiba di Havana, Kuba 20 Maret lalu (foto: dok). AS kini mengizinkan pembukaan jalur penerbangan langsung ke Kuba.

Pemerintah AS telah memberi izin kepada 6 perusahaan penerbangan untuk mengoperasikan penerbangan komersial ke Kuba untuk pertama kali dalam beberapa dekade.

Departemen Transportasi Amerika mengumumkan pemberian izin-izin itu Jumat (10/6) kepada American Airlines, Frontier Airlines, JetBlue, Silver Airways, Southwest dan Sun Country Airlines.

Ke-enam maskapai tersebut akan melayani penerbangan ke 9 kota di Kuba tidak termasuk ibukota Kuba, Havana.

Para pejabat transportasi Amerika mengatakan, mereka masih harus membuat keputusan mengenai -penerbangan ke Havana karena kepentingan dari perusahaan-perusahaan adalah lebih tinggi bagi jalur-jalur penerbangan itu, dan ada klaim-klaim yang saling bersaing.

Jalur-jalur penerbangan yang disetujui Jumat itu meliputi penerbangan dari kota-kota Miami, Fort Lauderdale, Chicago, Philadelphia dan Minneapolis - ke kota-kota Kuba seperti Santa Clara dan Santiago de Kuba.

Izin penerbangan itu masih harus mendapat persetujuanakhir dari pemerintah Kuba, tetapi perusahaan penerbangan itu mengatakan mereka berharap akan mulai penerbangan pada musim gugur ini.

Undang-undang Amerika masih melarang pariwisata ke Kuba. Namun demikian, Presiden Amerika Barack Obama - mewenangkan - perkecualian bagi jenis-jenis perjalanan lain , termasuk kunjungan-kunjungan keluarga, bisnis-bisnis resmi, kunjungan-kunjungan jurnalis dan perjalanan-perjalanan pendidikan. [sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG