Tautan-tautan Akses

Masalah Teknis Tunda Peluncuran Kapsul Dragon


Roket Falcon 9 yang mendorong kapsul Dragon ke stasiun antariksa NASA. (AP/John Raoux)

Roket Falcon 9 yang mendorong kapsul Dragon ke stasiun antariksa NASA. (AP/John Raoux)

Akibat roket pendorong tidak berfungsi secara normal, peluncuran kapsul tak berawak Dragon milik SpaceX ditunda Minggu.

Tim teknisi telah memperbaiki masalah yang dialami pesawat antariksa milik swasta dalam perjalanannya ke Stasiun Antariksa Internasional, tetapi kendaraan itu tidak akan merapat ke stasiun antariksa internasional sesuai jadwal pada Sabtu (2/3).

Pesawat kargo tak berawak Dragon, yang dimiliki dan dioperasikan SpaceX, kini baru akan tiba di stasiun itu paling dini hari Minggu.

Pesawat antariksa itu mengalami masalah tidak lama setelah diluncurkan Jumat. Beberapa menit setelah peluncuran, pendiri SpaceX, Elon Musk melaporkan, tiga dari empat roket pendorong tidak berfungsi secara normal. Para teknisi kemudian berhasil membuat keempatnya bekerja.

Roket Falcon 9 yang membawa kapsul Dragon itu lepas landas dari Cape Canaveral, Florida, Jumat pagi dalam misi membawa perbekalan bagi badan antariksa Amerika, NASA.

Dragon dijadwalkan tetap berada di stasiun antariksa selama tiga minggu, sebagai bagian dari misi SpaceX kedua dalam membawa perbekalan ke sana.

Kapsul itu membawa peralatan sains, makanan dan suku cadang untuk enam awak stasiun antariksa, dan akan kembali ke bumi akhir Maret dengan membawa sampel-sampel, spesimen dan barang lain.
XS
SM
MD
LG