Tautan-tautan Akses

Masalah Suriah, Iran dan Korut Dominasi KTT G-8


Menlu AS Hillary Clinton (tengah) menjadi tuan rumah KTT tingkat Menteri Luar Negeri negara-negara G8 di Washington DC (11/4).

Menlu AS Hillary Clinton (tengah) menjadi tuan rumah KTT tingkat Menteri Luar Negeri negara-negara G8 di Washington DC (11/4).

Suriah, Iran dan Korea Utara mendominasi pertemuan tingkat menteri “Kelompok Delapan” di Washington, yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.

Perundingan selama dua hari di Washington itu ditujukan untuk mengatur agenda KTT G-8 bulan depan di Camp David – tempat peristirahatan kepresidenan di negara bagian Maryland.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton mengatakan para menteri diingatkan tentang aksi kekerasan yang terus berlanjut di Suriah dan keprihatinan atas masalah-masalah yang dihadapi utusan khusus Kofi Annan, sewaktu ia berupaya menjamin berlangsungnya gencatan senjata.

Hillary Clinton juga mengatakan masih ada waktu untuk diplomasi di Iran, tetapi Iran perlu datang ke meja perundingan.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton mengatakan semua menteri “Kelompok Delapan” memiliki kepentingan kuat demi tercapainya perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea. Hillary Clinton mengatakan peluncuran misil Korea Utara akan melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Kelompok Delapan beranggotakan Amerika, Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Jepang, Italia dan Rusia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG