Tautan-tautan Akses

Masalah Keuangan Yunani Sedikit Mereda


Pemerintah PM Yunani Lucas Papademos menerima dana talangan 10 miliar dolar dari negara-negara Eropa dan Dana Moneter Internasional, Selasa (20/3).

Pemerintah PM Yunani Lucas Papademos menerima dana talangan 10 miliar dolar dari negara-negara Eropa dan Dana Moneter Internasional, Selasa (20/3).

Masalah keuangan Yunani mereda sedikit, setelah pemerintah menerima bagian pertama dari dana talangan baru dan pada saat yang sama menarik investor untuk penawaran obligasi.

Para pejabat Yunani mengatakan Selasa pemerintah Athena telah menerima 10 miliar dolar dari negara-negara Eropa dan Dana Moneter Internasional. Dana itu menghindarkan Yunani dari kegagalan membayar utang. Sebagian besar uang itu akan digunakan untuk membayar obligasi yang dipegang oleh bank sentral zona euro.

Sementara itu, Yunani menjual obligasi pertama sejak mencapai perjanjian dana talangan baru sebesar 171 miliar dolar, yang kedua bagi negara itu dalam dua tahun, dan penghapusan utang 141 miliar dolar oleh kreditur swasta. Negara itu mengumpulkan dana 1,7 miliar dolar untuk pinjaman tiga bulan tersebut dan akan membayar bunga lebih sedikit dari obligasi serupa sebelum mengamankan pembebasan utang.

Di Washington, Menteri Keuangan AS Timothy Geithner mengatakan kepada komite kongres bahwa Eropa telah "membuat kemajuan yang sangat signifikan" dalam menyelesaikan krisis utang pemerintah benua itu yang sudah berlangsung dua tahun dan berpusat pada masalah keuangan yang besar di Yunani.

Tapi Geithner memperingatkan bahwa zona euro hanya dalam tahap awal dalam menjalankan kontrol ketat yang baru untuk pengeluaran dan bahwa "pertumbuhan ekonomi akan cenderung lemah untuk beberapa waktu." Eropa memprediksi ekonominya akan menyusut sedikit tahun ini.

XS
SM
MD
LG