Tautan-tautan Akses

Masa Kampanye Pemilu Legislatif Jepang Berakhir


Dukungan untuk Partai Demokrat Jepang yang berhaluan tengah kiri meningkat setelah Naoto Kan memegang jabatan PM bulan lalu.

PM baru Jepang Naoto Kan menghimbau agar pemilih memberikan suara untuk partainya, pada hari terakhir masa kampanye menjelang pemilihan anggota Majelis Tinggi Jepang, yang dianggap sebagai referendum untuk 10 bulan kekuasaan Partai Demokrat Jepang.

Dukungan untuk Partai Demokrat Jepang yang berhaluan tengah kiri meningkat setelah Naoto Kan memegang jabatan bulan lalu, namun kemudian merosot setelah pemimpin baru itu mengusulkan untuk menaikkan pajak penjualan dari 5 menjadi 10 persen untuk mengurangi utang negara.

Naoto Kan, seorang mantan aktivis kiri, hari Sabtu mengatakan dalam kampanye bahwa pajak penjualan tidak akan dinaikkan tanpa mandat rakyat dalam pemilihan anggota Majelis rendah yang harus dilangsungkan selambat-lambatnya akhir tahun 2013.

Partai Demokrat Jepang masih berkuasa setelah pemilihan hari Minggu, karena menguasai suara mayoritas dalam Majelis rendah.

XS
SM
MD
LG