Tautan-tautan Akses

Masa Berkabung di Singapura Sampai Lee Kuan Yew Dimakamkan Minggu


Pegawai kantoran di distrik keuangan Singapura membeli koran lokal edisi khusus mengenai kehidupan mendiang Lee Kuan Yew (23/3). ​(AP/Wong Maye-E)

Pegawai kantoran di distrik keuangan Singapura membeli koran lokal edisi khusus mengenai kehidupan mendiang Lee Kuan Yew (23/3). ​(AP/Wong Maye-E)

Jenazah mendiang mantan perdana menteri itu akan disemayamkan secara kenegaraan sebelum pemakaman.

Pemerintah telah menyatakan masa berkabung di Singapura sampai Lee dimakamkan hari Minggu depan (29/3).

Sementara itu, upacara keluarga akan diadakan Senin dan Selasa. Jenazah mendiang mantan perdana menteri itu akan disemayamkan secara kenegaraan sebelum pemakaman.

Putranya, Perdana Menteri sekarang Lee Hsien Loong, berusaha menahan air mata dalam pidato televisi ke seluruh negara Senin, dengan mengatakan ayahnya “memberi kita inspirasi, memberi kita keberanian, dan membawa kita ke Singapura sekarang ini. Bagi banyak orang . . . Lee Kuan Yew adalah Singapura.”

Lee Kuan Yew, pendiri Singapura modern dan arsitek kebangkitannya menjadi salah satu ekonomi terkemuka di dunia, telah meninggal dunia pada usia 91 tahun.

Lee masuk rumah sakit Singapore General Hospital awal Februari karena menderita pnumonia parah, dan kemudian menggunakan alat pembantu pernafasan.

Kantor perdana menteri Singapura mengatakan Lee, yang berkuasa di negara pulau itu dari tahun 1959 hingga 1990, meninggal dunia dengan damai Senin pagi.

XS
SM
MD
LG