Tautan-tautan Akses

Marty Natalegawa Bertemu Menlu AS di Washington


Menlu RI Marty Natalegawa bertemu Menlu AS hari Kamis sore 16/5 di Washington DC (foto: dok).

Menlu RI Marty Natalegawa bertemu Menlu AS hari Kamis sore 16/5 di Washington DC (foto: dok).

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry Kamis sore (16/5) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa di Washington.

Kepada para wartawan, Menteri Kerry mengatakan pertemuannya dengan Menteri Natalegawa sangat penting, terutama karena Amerika dan Indonesia mewakili demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia.

Kerry mengatakan kedua negara bekerjasama dalam berbagai hal dan berkomitmen sebagai mitra di antaranya dalam penanggulangan narkotika, perlindungan lingkungan, penyelesaian isu-isu perdagangan, penanggulangan bencana alam, dan penegakan keamanan maritim.

John Kerry menambahkan, Amerika terutama tertarik untuk memajukan hubungan kedua negara karena Indonesia memainkan peran penting sebagai penyeimbang kepentingan di kawasan Asia Timur, dan karena Amerika telah meninjau ulang posisinya di kawasan itu.

Sebelum pertemuan itu, dalam wawancara dengan VOA, Menteri Marty Natalegawa mengatakan tujuan pertemuan itu terutama untuk membahas masalah bilateral, terutama kemitraan komprehensif antara kedua negara, di samping juga berbagi pandangan tentang situasi regional dan global.

Menteri Marty Natalegawa berada di Washington untuk menghadiri Konferensi Indonesia di CSIS Washington di mana dia menjadi pembicara utama.
XS
SM
MD
LG