Tautan-tautan Akses

Mariyuana Kemungkinan Bermanfaat untuk Pasien Alzheimer


Otak sehat (kiri) dan otak pasien penderita Alzheimer.

Otak sehat (kiri) dan otak pasien penderita Alzheimer.

Dalam uji laboratorium, suatu bahan aktif dalam mariyuana, THC, mencegah pembentukan plak yang dikaitkan dengan penyakit tersebut.

Suatu substansi yang ditemukan dalam mariyuana kemungkinan dapat menghilangkan plak di otak yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer, menurut sebuah studi baru.

Menulis dalam jurnal ‚ÄčAging and Mechanisms of Disease, para peneliti dari Salk Institute mengatakan bahwa senyawa kimia THC (tetrahidrokanabinol) dan komponen-komponen aktif lainnya dalam mariyuana dapat "mendorong hilangnya protein beta amyloid beracun yang dikaitkan dengan penyakit Alzheimer" dalam syaraf-syaraf yang ditumbuhkan di laboratorium.

Alzheimer adalah penyakit degeneratif otak yang menyebabkan hilangnya memori dan demensia. Menurut Lembaga Kesehatan Nasional, penyakit itu diderita oleh lebih dari lima juta orang di Amerika.

Akumulasi beta amyloid dalam sel-sel syaraf telah dikaitkan dengan Alzheimer, dan biasanya muncul sebelum ada gejala-gejala penyakit tersebut. Namun para peneliti masih belum yakin bagaimana ia terbentuk.

Meski uji-uji itu hanya dilakukan pada sel-sel di laboratorium, para peneliti berpendapat penelitian lebih lanjut dapat menghasilkan "terapi baru" untuk memberantas Alzheimer. [hd]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG