Tautan-tautan Akses

Mariano Rajoy Terpilih Lagi Sebagai PM Spanyol


Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy (tengah) yang baru dipilih kembali mendapat aplus dari para anggota parlemen di Madrid (29/10).

Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy (tengah) yang baru dipilih kembali mendapat aplus dari para anggota parlemen di Madrid (29/10).

Rajoy menyuarakan harapan bagi masa depan pemerintah minoritas, meskipun hal itu akan menyulitkannya dalam hal ekonomi karena tidak memiliki cukup dukungan legislatif.

Parlemen Spanyol hari Sabtu (29/10) menyetujui Mariano Rajoy sebagai perdana menteri untuk masa jabatan kedua, mengakhiri 10 bulan kebuntuan dalam pemilihan pemimpin yang memaksa ekonomi terbesar keempat Eropa itu dalam kebuntuan politik.

Rajoy meraih mosi percaya dalam majelis dengan 350 kursi itu dengan margin 170-111, hanya beberapa hari setelah 68 orang dari kelompok oposisi Sosialis sepakat tidak memilih daripada memberi suara lagi untuk memblokir petahana. Namun, Sosialis bertekad menentang inisiatif ekonomi masa jabatan kedua Rajoy.

Rajoy memberikan harapan bagi masa depan pemerintah minoritas yang ia perkirakan akan diumumkan Kamis, dengan mengatakan: "Saya berharap kita bisa memerintah dan bekerja bersama, seperti di negara-negara Eropa lain di mana tidak ada mayoritas."

Menurut pengamat, pemerintahan baru Rajoy akan menghadapi tantangan keras ekonomi dan fiskal karena ia tidak mempunyai cukup dukungan legislatif dibanding pemimpin mana pun sejak kekuasaan demokratis dipulihkan di Spanyol setelah kematian diktator Francisco Franco tahun 1975.

Rajoy memulai masa jabatan kedua dengan ekonomi diperkirakan tumbuh lebih dari 3 persen untuk tahun kedua berturut-turut. Tetapi tingkat pengangguran Spanyol mencapai hampir 19 persen, nyaris dua kali lipat tingkat pengangguran seluruh Uni Eropa. [ka]

XS
SM
MD
LG