Tautan-tautan Akses

Maois Ledakkan Bis di India Tengah, 35 Tewas


Para korban tewas akibat bis penumpang yang meledak setelah menabrak ranjau darat yang ditanam oleh kelompok Maois-India, 17 Mei 2010.

Para korban tewas akibat bis penumpang yang meledak setelah menabrak ranjau darat yang ditanam oleh kelompok Maois-India, 17 Mei 2010.

Serangan terjadi di Dantewada, negara bagian Chhattisgarh, wilayah yang paling sering menjadi target serangan Maois.

Polisi mengatakan pemberontak Maois meledakkan sebuah bis di India Tengah menewaskan 35 orang termasuk beberapa petugas polisi. Bis penumpang itu menabrak sebuah ranjau darat yang ditanam oleh kelompok Maois.

Serangan itu terjadi hari Senin di wilayah Dantewada, negara bagian Chhattisgarh, salah satu negara bagian yang paling menderita karena pemberontakan Maois.

Polisi mengatakan sejumlah warga sipil dan sedikitnya 11 petugas polisi terdapat diantara korban yang tewas karena ledakan ranjau darat itu.

Menteri Dalam Negeri India Gopal Krishna Pillai mengutuk pembunuhan yang menarget warga sipil yang tidak berdosa itu. Ia mengatakan tujuh penumpang bis itu dirawat di rumah sakit karena luka-luka yang serius.

Bulan lalu, pemberontak Maois menyergap rombongan tentara di Chhattisgarh menewaskan 76 orang.

Perdana Menteri India Manmohan Singh menyebut pemberontak Maois yang beraksi di 20 dari 28 negara bagian, sebagai isu keamanan domestik yang paling serius. Pemberontak yang juga dikenal sebagai pemberontak Naxalit, menuntut alokasi tanah dan pekerjaan untuk orang miskin.

XS
SM
MD
LG