Tautan-tautan Akses

Manusia Modern Berasal dari Afrika Bagian Selatan


Dua anak dari suku Bushmen di Botswana, Afrika bagian selatan (foto: dok).

Dua anak dari suku Bushmen di Botswana, Afrika bagian selatan (foto: dok).

Penelitian Stanford University menyimpulkan suku Bushmen dari Afrika bagian selatan, bukan timur, adalah nenek moyang semua manusia.

Penelitian baru telah menelusuri asal manusia modern ke suku Bushmen di Afrika bagian selatan, yang bertentangan dengan keyakinan yang dianut luas oleh kalangan ilmuwan bahwa manusia modern berasal dari bagian timur Afrika.

Penelitian yang dilakukan oleh para pakar dari Stanford University, California, menyimpulkan bahwa suku Bushmen adalah nenek moyang semua manusia awal kira-kira 200.000 tahun yang lalu. Perpindahan manusia dari Afrika timur 60.000 hingga 70.000 tahun yang lalu, menimbulkan kehadiran awal manusia modern di seluruh Asia, Eropa dan Amerika.

Para peneliti mengumpul contoh air ludah dari 95 orang anggota suku Bushmen Khomani di Afrika bagian selatan dan suku Hadza dan Sandawe di Tanzania. Dari contoh air ludah tersebut, para ilmuwan memperoleh 650.000 variasi DNA.

Para peneliti mengatakan bahwa sementara penduduk muncul, variasi genetika menjadi kurang beragam, yang memberi indikasi bahwa suku Bushmen adalah nenek moyang suku-suku di Afrika timur.

XS
SM
MD
LG