Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Ghana Pimpin Jaringan Global bagi Penyakit Tropis yang Terabaikan


Mantan presiden Ghana, John Agykum Kufuor (Foto: dok)

Mantan presiden Ghana, John Agykum Kufuor (Foto: dok)

Mantan Presiden Ghana, John Kufuor, ditunjuk sebagai utusan khusus Jaringan Global bagi Penyakit Tropis yang Terabaikan.

Mantan Presiden Ghana, John Kufuor, dan sekaligus pemenang Hadiah Pangan Dunia tahun 2011, kini menjadi pemimpin Jaringan Global bagi Penyakit Tropis yang Terabaikan,, kelompok nirlaba untuk mengendalikan dan memberantas apa yang disebut sebagai penyakit tropis yang terabaikan di seluruh dunia.

Penyakit-penyakit tersebut mencakup demam berdarah dan infeksi bakteri lainnya, penyakit-penyakit parasit seperti kebutaan sungai, penyakit tidur, dan cacingan. Penyakit-penyakit yang secara umum terkait dengan kemiskinan ini, merupakan endemik di Afrika dan Asia dan melanda lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.

Dr. Neeraj Mistry, direktur Jaringan Global bagi Penyakit Tropis yang Terabaikan, mengatakan bahwa ia yakin Presiden Kufuor bisa memimpin jaringan itu untuk menanggulangi gentaskan tujuh penyakit menular pada tahun 2020. Ia mengatakan bahwa Kufuor, yang juga menjabat sebagai duta global PBB untuk melawan kelaparan, akan menerapkan semangat yang sama untuk meraih tujuan itu seperti yang telah ia lakukan untuk memerangi kelaparan, penyakit dan kemiskinan di Ghana.

"Apa yang Presiden Kufuor lakukan di Ghana, yaitu memberikan akses terhadap pangan melalui program pemberian makanan di sekolah serta perubahan lingkungan yang lebih luas dalam intervensi layanan kesehatan utama, berujung pada pembangunan sosial-ekonomi. Itu adalah model yang telah terbukti tentang bagaimana memajukan masyarakat," ujar Dr. Mistry.

Dengan bantuan Presiden Kufuor, Jaringan Global berencana untuk merangkul pemerintah Afrika untuk membantu menjadikan penanggulangan penyakit-penyakit ini sebagai prioritas utama dari strategi kesehatan nasional mereka. Jaringan ini juga berharap bahwa perluasan jangkauan distribusi obat dan program vaksinasi massal ke masyarakat terpencil di Afrika akan lebih mudah di bawah kepemimpinan Kufuor.

"Saya merasa tersanjung disebut sebagai utusan khusus, tetapi seiring berjalannya waktu saya yakin Jaringan ini akan menggandeng mitra lainnya. Jaringan ini bukan merupakan upaya satu orang saja, namun global," kata mantan presiden Ghana tersebut.

Sejumlah pakar kesehatan masyarakat mengatakan mengendalikan atau memberantas penyakit tropis sangat penting karena penyakit itu dapat membuat orang lebih rentan terhadap penyakit menular yang mematikan lainnya seperti HIV / AIDS. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa penyakit tropis yang melemahkan dan melumpuhkan dapat memiliki dampak sosial dan ekonomi yang lebih besar pada negara berkembang daripada penyakit mematikan seperti malaria atau Tuberkulosis.
XS
SM
MD
LG