Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Walikota Washington Marion Barry Meninggal Dunia


Marion Barry Junior, mantan Walikota Washington (Foto: dok.)

Marion Barry Junior, mantan Walikota Washington (Foto: dok.)

Marion Barry Junior, putra petani dan aktivis hak-hak sipil yang menjadi walikota bertingkah tapi dicintai penduduk Washington, DC, telah meninggal.

Barry berusia 78 tahun ketika ia meninggal Minggu (23/11) pagi di sebuah rumah sakit Washington, hanya beberapa jam setelah keluar dari rumah sakit lain.

Barry kurang hanya beberapa kredit untuk mendapat gelar doktor bidang kimia pada awal tahun 1960 ketika ia memutuskan untuk bekerja sepenuhnya dalam gerakan hak-hak sipil.

Dia pertama kali terpilih sebagai walikota Washington pada tahun 1978 dan dipilih tiga kali lagi, menimbun serangkaian prestasi dan kegagalan.

Namun, ia akan selalu diingat karena dalam operasi rahasia 24 tahun yang lalu di sebuah hotel di Washington, dia terlihat dalam rekaman video sedang menghisap bubuk kokain dengan perempuan yang bukan istrinya. Rekaman video dan penangkapan walikota itu menjadi berita utama internasional.

Setelah dibebaskan dari penjara karena memiliki narkoba, ia kemudian terpilih menjadi anggota dewan kota Washington. Dua tahun kemudian, ia memenangkan masa jabatan keempat dan terakhir sebagai walikota.

XS
SM
MD
LG