Tautan-tautan Akses

Mantan Wakil Presiden FIFA, Webb, Diekstradisi ke AS


Eksekutif FIFA, Nicolas Leoz (kiri) dan Jeffrey Webb (kanan).

Eksekutif FIFA, Nicolas Leoz (kiri) dan Jeffrey Webb (kanan).

Jeffrey Webb yang berasal dari kepulauan Cayman, pernah Presiden CONCACAF, badan pengurus sepak bola untuk Amerika Utara dan Tengah serta Karibia, dan sebagai wakil presiden FIFA ketika ia ditangkap.

Mantan Wakil Presiden FIFA Jeffrey Webb telah diekstradisi dari Swiss ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan kejahatan terorganisasi dan penyuapan.

Webb yang berasal dari kepulauan Cayman, pernah Presiden CONCACAF, badan pengurus sepak bola untuk Amerika Utara dan Tengah serta Karibia, dan sebagai wakil presiden FIFA ketika ia ditangkap.

Satu dakwaan Amerika bulan Mei menuduh 9 pengurus FIFA dan 5 pimpinan perusahaan melakukan kejahatan terorganisasi, penipuan dan pencucian uang. Di antara terdakwa adalah mantan wakil presiden FIFA Jack Warner, yang melawan ekstradisi dari Trinidad dan Tobago.

Webb adalah satu dari 7 orang – semuanya dari Amerika Selatan atau zona CONCACAF Amerika Utara dan Tengah serta Karibia – yang ditangkap dalam penggrebekan waktu subuh di sebuah hotel Zurich hari Kamis. Para priya tersebut dituduh oleh pihak berwenang Amerika terlibat dalam penyuapan lebih dari $ 150 juta yang diberikan untuk persetujuan pemasaran bagi turnamen sepakbola di Amerika Utara dan Selatan.

Penyelidikan terpisah oleh Swiss adalah mengenai tuduhan salah-urus dan pencucian uang yang berhubungan dengan penganugerahan Piala Dunia tahun 2018 dan 2022 masing-masing kepada Rusia dan Qatar.

Tim jaksa Swiss sedang menyelidiki 53 kemungkinan insiden pencucian uang menyangkut proses penawaran kedua Piala Dunia tadi.

FIFA telah menghentikan untuk sementara proses penawaran untuk Piala Dunia tahun 2026 karena kontroversi yang sedang terjadi.

Tuan rumah kejuaraan sepak-bola dunia tahun 2026 akan dipilih oleh para anggota FIFA dalam pertemuan tahun 2017 di Malaysia.

XS
SM
MD
LG