Tautan-tautan Akses

Mantan Wakil FIFA Mengaku Tidak Bersalah


Jeffrey Webb, mantan wail FIFA (Foto: dok.)

Jeffrey Webb, mantan wail FIFA (Foto: dok.)

Mantan wakil ketua perkumpulan sepakbola dunia atau FIFA, Jeffrey Webb hari Sabtu (18/7) mengaku tidak bersalah dimuka pengadilan federal Amerika sehubungan dengan skandal korupsi besar dalam dunia sepakbola internasional.

Hakim di pengadilan federal New York kemudian membebaskan warga Inggris berumur 50 tahun itu dengan uang jaminan 10 juta dollar. Istri Webb, warga Amerika dan saudara-saudaranya menanda-tangani surat-surat jaminan itu di pengadilan.

Jeffrey Webb, satu dari 14 orang tersangka yang dituduh terlibat uang sogok berjumlah 150 juta dollar, diterbangkan ke New York dari Swiss minggu lalu. Ia ditangkap di Zurich bulan Mei bersama enam orang pejabat FIFA lainnya yang sedang berusaha supaya jangan di ekstradisi ke Amerika.

Pihak kejaksaan Amerika menuduh para tersangka mendapat uang sogok dalam jumlah besar itu dalam waktu dua tahun, sebagai imbalan menunjuk negara tuan rumah pelaksana pertandingan Piala Dunia dan memberikan hak-hak siaran televisi ke seluruh dunia. Sejak dikenai tuduhan itu, Webb telah dicopot dari jabatannya sebagai wakil ketua FIFA untuk kawasan Amerika Utara, Tengah dan Karibia.

XS
SM
MD
LG