Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Senator Jadi Utusan Baru AS untuk Danau Besar di Afrika


Mantan Senator AS, Russ Feingold telah diangkat sebagai utusan khusus AS untuk kawasan Danau Besar di Afrika (foto: dok).

Mantan Senator AS, Russ Feingold telah diangkat sebagai utusan khusus AS untuk kawasan Danau Besar di Afrika (foto: dok).

Mantan Senator AS, Russ Feingold telah diangkat sebagai utusan khusus Amerika untuk kawasan Danau Besar di Afrika yang bergejolak.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry, yang mengumumkan pengangkatan itu hari Selasa, mengatakan Feingold akan bekerja erat dengan utusan PBB Mary Robinson untuk memajukan sebuah kerangka PBB bagi perdamaian di kawasan itu.

Propinsi Kivu Utara di Kongo masih menjadi pusat gejolak di kawasan Danau Barat itu meski sudah ada berbagai upaya selama bertahun-tahun untuk memberantas banyak kelompok milisi dan pemberontak di sana.

Pemerintah Republik Demokratik Kongo menuduh Rwanda dan Uganda mendukung kelompok pemberontak M23, yang merebut sebentar kota Goma tahun lalu. Rwanda dan Uganda membantah tuduhan itu.

Konflik parah di Kongo timur telah menelantarkan ratusan ribu orang.

Kerry hari Selasa mengatakan Amerika ingin membantu berbagai pihak di kawasan itu menemukan cara menuju perdamaian kekal, dan juga pertanggungjawaban atas berbagai pelanggaran HAM.
XS
SM
MD
LG