Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden AS Obama Dukung Macron dalam Pilpres Perancis


Mantan Presiden AS Barack Obama dan mantan ibu negara, Michelle Obama di Presidential Center, South Chore Cultural Center, Chicago, 3 Mei 2017. (AP Photo/Nam Y. Huh).

Hanya tiga hari sebelum rakyat Perancis memilih presiden berikutnya, kandidat terdepan Emmanuel Macron mendapat dukungan dari mantan presiden AS Barack Obama.

Dalam sebuah pesan video yang diunggah melalui akun Twitter Macron, Kamis (4/5), Obama mengatakan bahwa dia mendukung kandidat sentris itu "karena betapa pentingnya pemilihan ini."

"Saya mengagumi kampanye yang telah dijalankan Emmanuel Macron. Dia telah membela nilai-nilai liberal," kata Obama. "Dia mengemukakan visi untuk peran penting yang dimainkan Perancis di Eropa dan di seluruh dunia. Dan dia telah berkomitmen untuk masa depan yang lebih baik bagi orang Perancis. ''

Obama mengakhiri pesannya dalam bahasa Perancis dengan kata-kata "En Marche" nama gerakan politik Macron dan "Vive La France.'' Obama tetap populer di Perancis.

Presiden Donald Trump telah memuji lawan Macron, kandidat sayap kanan Marine Le Pen, meski dia tidak secara eksplisit mendukungnya.

"Dia yang terkuat soal perbatasan, dan dia yang paling kuat dalam apa yang sedang terjadi di Perancis," kata Trump dalam sebuah wawancara pada 21 April dengan kantor berita Associated Press. "Siapa pun yang paling keras melawan terorisme Islam radikal, dan siapa pun yang paling keras soal perbatasan, akan berhasil dalam pemilihan,'' kata Trump.

Obama menjauh dari arena politik Amerika sejak Trump pindah ke Gedung Putih. [as]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG