Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Namibia Terima Hadiah Kepemimpinan


Mantan Presiden Namibia, Hifikepunye Pohamba (foto: dok).

Mantan Presiden Namibia, Hifikepunye Pohamba (foto: dok).

Mantan Presiden Namibia, Hifikepunye Pohamba, menerima penghargaan kepemimpinan Afrika dari Mo Ibrahim Foundation, berupa uang jutaan dolar.

Pada upacara di Accra, Ghana, hari Jumat (20/11), mantan Presiden Namibia, Hifikepunye Pohamba mengatakan, "kehormatan ini bukan hanya untuk saya. Saya menerimanya dengan rasa rendah hati, atas nama rakyat Namibia, yang mempercayakan saya, melalui proses demokrasi, untuk memimpin negara kami sebagai presiden selama dua periode berturut-turut."

Penghargaan tersebut diberikan kepada pemimpin Afrika yang terpilih secara demokratis, unggul selama menjabat dan kemudian mengundurkan diri setelah masa jabatan selesai.

Maret lalu, Mo Ibrahim Foundation mengumumkan Pohamba akan menerima penghargaan tersebut.

Ini pertama kali organisasi itu memberi hadiah kepemimpinannya sejak tahun 2011. Organisasi itu mengatakan tidak memberi penghargaan itu selama beberapa tahun karena tidak menemukan calon yang cocok.

Mo Ibrahim, pengusaha Inggris-Sudan yang mendirikan yayasan itu, mengatakan, "Kami perlu mengubah narasi tentang kepemimpinan Afrika. Dunia tahu segala sesuatu tentang pemimpin kami yang buruk, tetapi tidak tahu apa-apa tentang pahlawan kami."

Ketua komite penghargaan, Dr Salim Ahmed Salim, ketika menyerahkan penghargaan itu kepada Pohamba hari Jumat, mengatakan, mantan presiden Namibia itu menghadirkan "kohesi nasional" pada "tahap penting" dalam konsolidasi demokrasi negaranya.

Yayasan itu akan membayar Pohamba lima juta dolar dalam 10 tahun, kemudian memberinya tambahan 200 ribu dolar setiap tahun setelah itu. [ka]

XS
SM
MD
LG