Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Carter Bertolak ke Korea Utara


Mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter (foto: dok) berkunjung ke Korea Utara untuk membantu meredam ketegangan di kawasan tersebut.

Mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter (foto: dok) berkunjung ke Korea Utara untuk membantu meredam ketegangan di kawasan tersebut.

Mantan Sekjen PBB Kofi Annan termasuk di antara mereka yang mungkin bergabung dengan Jimmy Carter dalam lawatan ke Pyongyang.

Media Korea Selatan melaporkan mantan Presiden Amerika Jimmy Carter akan mengunjungi Korea Utara dalam upaya meredakan ketegangan di Semenanjung Korea. Ia kemungkinan didampingi beberapa mantan kepala negara lainnya.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, menyatakan, Kamis, mantan Sekjen PBB Kofi Annan, mantan Presiden Irlandia Mary Robinson dan mantan Perdana Menteri Norwegia Gro Harlem Brundtland termasuk di antara mereka yang mungkin bergabung dengan Carter dalam lawatan ke Pyongyang.

Kantor berita Perancis (AFP) mengutip seorang juru bicara pemerintah Korea Selatan menyatakan Seoul memahami bahwa kunjungan Carter dan komunikasinya selama ini dengan Pyongyang bersifat pribadi.

Yonhap mengutip sumber-sumber yang mengatakan Carter telah mendiskusikan rencana kunjungan tersebut dengan para pejabat di kantor Misi Pyongyang untuk PBB di New York. Disebutkan pula bahwa kunjungan ini kemungkinan besar berlangsung selama satu bulan.

XS
SM
MD
LG