Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Presiden Bush, Clinton Berharap Kampanye Pilpres 2016 Berjalan Santun


Mantan Presiden George W. Bush (kiri) dan Bill Clinton bergurau dalam acara wisuda program Presidential Leadership Scholars di Dallas, Texas.

Mantan Presiden George W. Bush (kiri) dan Bill Clinton bergurau dalam acara wisuda program Presidential Leadership Scholars di Dallas, Texas.

Mantan presiden AS Bill Clinton dan George W. Bush berguyon mengenai rasanya menjadi seorang kakek, seraya menyatakan harapan kampanye presiden saat ini akan berlangsung santun. Mereka tampil berbicara di sebuah acara di Texas, hari Kamis.

Meskipun berasal dari dua kubu yang berbeda, terkadang dengan ujung spektrum politik yang sangat ekstrem, Bush dan Clinton telah menjadi teman dekat di masa pensiun ini.

Kampanye presiden saat ini menghidupkan kembali persaingan Bush dan Clinton, dengan kali ini antara saudara George, mantan Gubernur Florida Jeb Bush, dan isteri Bill, mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.

Berbicara pada upacara wisuda bagi program Presidential Leader Scholars di Dallas, Bush dan Clinton mengatakan, mereka optimistis kampanye akan berfokus pada isu-isu penting dan tidak menyerang secara pribadi, yang biasanya berlangsung dalam persaingan politik di AS.

Mantan Gubernur Florida Jeb Bush dan mantan Menteri Luar Negeri Clinton dipandang sebagai dua jagoan terkemuka untuk memenangkan nominasi partai mereka masing-masing untuk menjadi calon presiden, melanjutkan tradisi lama keluarga mereka di jajaran tertinggi politik Amerika.

Sejak tahun 1976, hanya ada satu pemilihan presiden AS, yaitu pada tahun 2008, yang tidak melibatkan anggota dari salah satu keluarga Bush atau Clinton.

XS
SM
MD
LG