Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Argentina Didakwa Korupsi


Mantan Presiden Argentina Cristina Fernandez (Foto: dok).

Mantan Presiden Argentina Cristina Fernandez telah didakwa mengarahkan usaha persekongkokolan korupsi ketika berusaha menyembunyikan jutaan dolar dalam sebuah biara.

Hakim federal mendakwa Fernandez dan pejabat lain pemerintahannya, termasuk seorang sekertaris pekerjaan umum yang ditangkap bulan Juni, bersekongkol secara gelap untuk mencuri dana negara yang dimaksudkan untuk proyek-proyek jalan umum antara tahun 2003 dan 2015.

Juga turut didakwa adalah mantan Menteri Perencanaan Julio de Vido, mantan Sekretaris Pekerjaan Umum Jose Lopez dan Lazaro Baez, yang perusahaan konstruksinya kabarnya beruntung dari persekongkolan itu.

Baez ditangkap bulan Juni setelah berusaha menyembunyikan jutaan dolar dalam sebuah biara Katholik dekat Buenos Aires.

Hakim membekukan sampai $633 juta asset masing-masing terdakwa, walaupun tidak pasti apakah asset mereka bernilai setinggi itu.

Fernandez telah membantah tuduhan tersebut, dan menuduh Presiden Argentina yang sekarang Mauricio Macri memanipulasi tata peradilan untuk mendakwanya. Mantan presiden itu juga telah meminta audit kontrak pekerjaan umum pada masa pemerintahannya. [gp]

XS
SM
MD
LG