Tautan-tautan Akses

Mantan PM Thaksin Naik Banding atas Penangkapan Dirinya


Pengacara Thaksin minta pengadilan Thailand membatalkan tuduhan terorisme terkait demonstrasi rusuh para pendukung Thaksin.

Para pengacara PM Thailand yang terguling Thaksin Shinawatra mengajukan banding ke Pengadilan Kejahatan Thailand untuk membatalkan surat penangkapan terhadap Thaksin atas tuduhan terorisme terkait demonstrasi baru-baru ini yang dilakukan para pendukungnya.

Pemerintah telah menuduh mantan perdana menteri itu mendalangi demonstrasi anti pemerintah kelompok Kaus Merah yang menelan korban jiwa. Thaksin membantah tuduhan itu dan menyebut tuduhan terorisme itu bermotif politik.

Para pengacara Thaksin mengajukan banding itu hari Rabu, hanya satu hari setelah pengadilan itu menyetujui surat penangkapan terhadap dirinya.

Dua anggota DPR dari pihak oposisi (Suchart Lainamngern dan pemimpin Kaus Merah Jatuporn Prompan, yang juga menghadapi tuduhan) menyertai tim hukum itu ke pengadilan, dan mengatakan, mereka siap bersaksi bahwa mantan perdana menteri itu tidak terlibat dalm demonstrasi itu atau tindakan terorisme apapun.

Ribuan warga berkumpul di ibukota Thailand, Bangkok, untuk berdoa bersama mengharapkan perdamaian menyusul kekerasan politik di negara itu.

XS
SM
MD
LG