Tautan-tautan Akses

Mantan PM Irak : Iran Bawa Malapetaka di TImur Tengah


Mantan Perdana Menteri Irak Iyad Allawi negara-negara Timur Tengah menjadi korban dari kelompok-kelompok ekstremis dan teroris yang didanai oleh Iran.

Mantan Perdana Menteri Irak Iyad Allawi negara-negara Timur Tengah menjadi korban dari kelompok-kelompok ekstremis dan teroris yang didanai oleh Iran.

Iyad Allawi mengatakan kepada jaringan televisi CNN Iran telah menghasut kerusuhan di Irak, Libanon dan Palestina.

Mantan Perdana Menteri Irak Iyad Allawi menuduh Iran berusaha mendatangkan malapetaka di Timur Tengah dan campur tangan dalam proses politik di Irak.

Iyad Allawi mengatakan kepada jaringan televisi CNN pada acara Fareed Zakaria GPS pada hari Minggu bahwa Iran telah menghasut kerusuhan di Irak, Lebanon dan di antara warga Palestina. Ia mengatakan negara-negara Timur Tengah menjadi korban dari kelompok-kelompok ekstremis dan teroris yang didanai oleh Iran.

Iyad Allawi adalah seorang penganut Syiah yang sekuler di mana koalisi Iraqiya telah mendapat dukungan kuat dari Muslim Sunni. Iyad Allawi dapat menyatakan secara pasti bahwa Iran sedang berusaha mengubah proses politik di Irak agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki diperkirakan akan melakukan kunjungan ke Iran pada hari Senin.

Pihak Allawi secara tipis memenangkan kursi terbanyak dalam pemilu parlemen Irak pada tanggal 7 Maret. Tapi awal bulan ini, saingan utamanya, yang didominasi Syiah, Nouri al-Maliki, dari Aliansi Nasional yang didukung Iran, memenangkan dukungan dari ulama anti-Amerika Moqtada al-Sadr serta pendukungnya.

XS
SM
MD
LG