Tautan-tautan Akses

Mantan PM India Hadapi Dakwaan Skandal Batubara


Mantan PM India Manmohan Singh (Foto: dok)

Mantan PM India Manmohan Singh (Foto: dok)

Ketika menjabat perdana menteri, Singh mengawasi langsung masalah pertambangan batubara, saat mengalokasi ladang-ladang batubara kepada perusahaan-perusahaan swasta.

Sebuah pengadilan khusus telah mendakwa mantan PM India Manmohan Singh dengan kejahatan korupsi dan persekongkolan kriminal, atas perannya dalam skandal multi milyaran dolar, terkait penjualan ladang-ladang batubara.

Berbagai dakwaan dikenakan terhadap Singh dan beberapa orang lainnya yang tersangkut kasus itu. Dakwaan mencakup antara lain pelanggaran kepercayaan, walaupun Biro Investigasi Pusat tidak menemukan bukti-bukti yang dapat diajukan dalam proses gugatan.

Tim hakim memerintahkan Singh dan lima tersangka lainnya tampil di pengadilan 8 April mendatang. Ketika menjabat perdana menteri, Singh mengawasi langsung masalah pertambangan batubara, saat mengalokasi ladang-ladang batubara kepada perusahaan-perusahaan swasta.

Pemerintahan yang dikuasai Partai Kongres pimpinan Singh waktu itu, dituduh merugikan negara sebanyak ratusan milyar dolar dengan menjual atau mengalokasi lebih dari 200 ladang batubara tanpa pelelangan yang kompetitif, antara tahun 1993 hingga 2010.

XS
SM
MD
LG