Tautan-tautan Akses

Mantan Petinju Joe Frazier Berjuang Lawan Kanker Hati


Joe Frazier (kiri) saat bertarung melawan Jimmy Ellis, 16 Februari 1970.

Joe Frazier (kiri) saat bertarung melawan Jimmy Ellis, 16 Februari 1970.

Bekas petinju yang pernah mengalahkan Muhammad Ali, Joe Frazier, 67 tahun, mendapat diagnosa kanker hati yang parah.

Mantan juara dunia tinju kelas berat, Joe Frazier kini sakit-sakitan. Menurut laporan, petinju yang kini berumur 67 tahun tengah bertarung melawan kanker hati yang sudah berada pada stadium lanjut.

Menurut Leslie Wolff, manajer pribadi dan bisnis Frazier, bekas petinju yang pernah mengalahkan Muhammad Ali, mendapat diagnosa kanker hati empat atau lima pekan lalu, tapi ia tidak atau belum diberitahu berapa lama lagi ia berharap bisa hidup. Wolff menambahkan, Frazier kini di bawah perawatan ahli yang mengkaji semua opsi yang terbuka baginya. Pilihan tersebut tidak banyak, kata Wolff, tetapi itu tidak berarti ia harus berhenti mencarinya.

Nama Joe Frazier selalu dikaitkan dengan Muhammad Ali karena rangkaian pertarungan mereka antara tahun 1971 dan 1975. Frazier terakhir sekali naik ring pada tahun 1981, dan karier tinjunya ditandai dengan 32 menang empat kali kalah dengan 27 di antara kemenangan itu dicapainya dengan Knock-Out.

Putra seorang petani dari South Carolina, Frazier termasuk dalam kontingen Amerika pada olimpiade 1964 dan meraih medali emas. Ia memenangi sebelas pertarungannya pertama lewat knock-out. Tahun 1968 ia mengalahkan Buster Mathis di Madison Square Garden. Selama beberapa tahun setelah itu ia enam kali bertarung mempertahankan titel. Dalam kariernya Joe Frazier ditakuti karena pukulan-pukulan hook tajamnya yang salah satunya menjatuhkan Muhammad Ali.

XS
SM
MD
LG