Tautan-tautan Akses

Mantan PM Israel: Amerika Siap Tampung Pengungsi Palestina


Mantan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengungkit pernyataan yang menurutnya disampaikan oleh mantan Presiden AS George W. Bush.

Mantan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengungkit pernyataan yang menurutnya disampaikan oleh mantan Presiden AS George W. Bush.

Olmert mengatakan sebelumnya AS pernah berjanji akan menampung 100.000 pengungsi Palestina sebagai bagian dari perjanjian perdamaian Timur Tengah.

Mantan Perdana Menteri Israel Ehud Olmert mengatakan Amerika pernah menyatakan siap untuk menerima 100.000 pengungsi Palestina sebagai bagian dari perjanjian perdamaian Timur Tengah yang diusulkan tahun 2008. Jika perundingan saat ini sukses, Ehud Olmert mengatakan, ia mengharapkan tercapai kesepakatan yang menyerupai usulan yang gagal dua tahun lalu.

Berbicara di Tel Aviv pada hari Minggu, Ehud Olmert mengatakan mantan presiden Amerika George W. Bush meyakinkan dirinya bahwa Amerika akan menerima 100.000 pengungsi dan memberi mereka kewarganegaraan Amerika sebagai bagian dari penyelesaian permanen antara Israel dan pihak berwenang Palestina.

Ehud Olmert mengatakan proposal perdamaian tahun 2008 yang ia usulkan akan mengakui penderitaan ratusan ribu orang Palestina yang diusir dari rumah mereka, setelah Israel mendeklarasikan negaranya lebih dari 60 tahun yang lalu. Mantan perdana menteri ini juga mengatakan Israel setuju untuk menerima sebagian kecil pengungsi, kemungkinan lebih sedikit dari 20.000, atas dasar kemanusiaan.

XS
SM
MD
LG