Tautan-tautan Akses

Mantan Pejabat FIFA Beberkan Terima Suap


Mantan anggota komite eksekutif FIFA Chuck Blazer pada sebuah kongres federasi di Zurich. (Foto: Dok)

Mantan anggota komite eksekutif FIFA Chuck Blazer pada sebuah kongres federasi di Zurich. (Foto: Dok)

Charles Blazer mengaku bersalah atas 10 tuduhan kejahatan di New York sebagai bagian dari perjanjian dengan jaksa Amerika.

Catatan pengadilan yang diungkapkan di Amerika, Rabu (3/6), menunjukkan seorang bekas anggota komite eksekutif badan sepak bola dunia FIFA mengaku menerima suap terkait Piala Dunia 1998 dan 2010 pada November 2013.

Menurut kutipan transkrip sidang itu, Charles Blazer, warga AS yang selama dua dekade bekerja sebagai pejabat badan sepak bola dunia yang berpengaruh itu, diam-diam mengaku bersalah atas 10 tuduhan kejahatan di New York sebagai bagian dari perjanjian dengan jaksa Amerika.

Blazer mengatakan kepada seorang hakim ia dan anggota komite eksekutif FIFA lainnya menerima suap terkait dengan pemilihan Perancis sebagai tuan rumah Piala Dunia 1998.

Blazer mengatakan ia juga menerima suap terkait penyelenggaraan Piala Dunia 2010 yang diberikan kepada Afrika Selatan.

Sementara itu juru bicara gedung Putih Josh Earnest, Rabu, mengatakan pengunduran diri pemimpin FIFA adalah kesempatan memperbaiki kepemimpinan dan citra badan sepakbola dunia itu serta membuktikan tindakan FIFA sesuai dengan misinya.

Hari Rabu, kepolisian internasional Interpol mengeluarkan "peringatan merah" bagi dua bekas pejabat FIFA dan empat pejabat FIFA lainnya atas tuduhan-tuduhan termasuk korupsi dan persekongkolan.

Mereka berisiko ditangkap di mana saja, jika bepergian.

Keenam orang itu termasuk di antara 14 orang yang didakwa Departemen Kehakiman Amerika minggu lalu. Mereka dikenakan tuduhan persekongkolan, penipuan elektronik dan pencucian uang dalam skema yang dikatakan jaksa melibatkan para eksekutif media olah raga membayar atau setuju membayar lebih dari US$150 juta dolar sebagai imbalan hak pemasaran pertandingan-pertandingan Piala Dunia.

XS
SM
MD
LG