Tautan-tautan Akses

Mantan Pejabat China Dipenjara Seumur Hidup karena Kasus Suap


Liu Tienan, mantan wakil kepala Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, badan perencanaan ekonomi tertinggi China.

Liu Tienan, mantan wakil kepala Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, badan perencanaan ekonomi tertinggi China.

Liu Tienan dinyatakan bersalah menerima suap sebesar US$5,8 juta ketika menjabat sebagai wakil kepala badan perencanaan ekonomi tertinggi China.

Seorang mantan pejabat perencanaan ekonomi China telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena penyuapan, membuatnya sosok terbaru pejabat tinggi yang jatuh karena kampanye anti-korupsi negara komunis itu.

Kantor berita resmi Xinhua mengatakan Liu Tienan dinyatakan bersalah menerima suap sebesar US$5,8 juta ketika menjabat sebagai wakil kepala Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional, badan perencanaan ekonomi tertinggi China.

Tuduhan terhadap Liu pertama kali muncul Desember 2012 ketika seorang wartawan majalah investigatif Caijing menerbitkan berita itu di mikroblog-nya.

Liu pada awalnya membantah keras tuduhan tersebut. Tapi dalam sidang September, pria berusia 60 tahun itu sambil menangis mengaku telah menerima berbagai suap, termasuk uang tunai, mobil Porsche, dan villa mewah di Beijing.

Liu, yang juga menjabat sebagai direktur Badan Energi Nasional, adalah satu dari lebih dari 50 pejabat tinggi yang menghadapi tuduhan dalam kampanye anti-korupsi Presiden Xi Jinping. Banyak lagi pejabat lebih rendah telah diadili karena kasus korupsi.

XS
SM
MD
LG