Tautan-tautan Akses

Mantan Menteri Ekonomi Perancis Calonkan Diri Jadi Presiden


Mantan Menteri Ekonomi Perancis, Emmanuel Macron dalam acara Debat di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, 22 Januari 2016 (AP Photo/Michel Euler).

Mantan Menteri Ekonomi Perancis, Emmanuel Macron dalam acara Debat di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, 22 Januari 2016 (AP Photo/Michel Euler).

Emmanuel Macron, menteri di kabinet Presiden sosialis Perancis, Francois Hollande dari 2014 hingga Agustus 2016, mengumumkan pencalonan dirinya pada pemilu presiden tahun depan.

Mantan Menteri Ekonomi Perancis, yang juga mantan bankir investasi yang suka bicara blak-blakan, telah mengumumkan pencalonan dirinya pada pemilu presiden tahun depan.

Emmanuel Macron (38 tahun) mengatakan ia sangat meyakini bahwa Perancis bisa berhasil jika negara itu melakukan lebih banyak reformasi untuk bersaing secara internasional. Ia mengumumkan pencalonannya tersebut pada sebuah pidato, Rabu, di Bobigny, kawasan pinggiran Paris.

Macron tahun ini memulai gerakan politik moderat yang disebut En Marche atau In Motion. Ia belum pernah memangku jabatan publik hasil proses pemilihan.

Sebagai seorang menteri di kabinet Presiden sosialis Francois Hollande dari 2014 hingga Agustus 2016, ia menerapkan kebijakan-kebijakan yang pro-bisnis.Ia khususnya mendorong berdirinya perusahaan-perusahaan rintisan dan meloloskan UU yang melonggarkan peraturan perburuhan.

Pandangan-pandangannya telah memicu kritikan tajam banyak anggota Partai Sosialis yang merasa Macron telah mengkhianati tujuan-tujuan kelompok sayap kiri itu. {ab/as]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG