Tautan-tautan Akses

Mantan Menlu Ditunjuk sebagai Presiden Burkina Faso


Michel Kafando saat memberikan pidato di depan sidang majelis umum PBB di New York (foto: dok).

Michel Kafando saat memberikan pidato di depan sidang majelis umum PBB di New York (foto: dok).

Pihak berwenang di Burkina Faso telah menunjuk mantan menteri luar negeri Michel Kafando sebagai presiden interim dengan tugas memimpin negara itu kembali ke pemerintahan sipil.

Sebuah komisi yang terdiri dari politisi, wakil angkatan bersenjata, dan para pemimpin sipil dan agama mengumumkan pemilihan mantan Menteri Luar Negeri Michel Kafando oleh mereka hari Senin (17/11), sehari setelah memulai pembicaraan untuk mengisi jabatan itu. Pemimpin oposisi Zephirin Diabre menyebut pemilihan itu berdasarkan konsensus.

Kafando kemudian akan mengangkat perdana menteri sementara.

Menjawab pertanyaan wartawan Senin, presiden baru itu mengatakan pemerintahannya akan melakukan segalanya untuk menyukseskan transisi.

Militer Burkina Faso merebut kekuasaan bulan lalu setelah penguasa lama Blaise Compaore mendadak meletakkan jabatan ketika menghadapi berbagai protes yang menentang usahanya mengubah UUD dan memungkinkannya untuk mencalonkan diri kembali.

Angkatan bersenjata mengangkat Letnan Kolonel Isaac Yacouba Zida sebagai pemimpin interim, dan dia berjanji akan segera menyerahkan kekuasaan ke pemerintah transisi.

XS
SM
MD
LG