Tautan-tautan Akses

Mantan Menlu Australia Ingin Tentara Negaranya Dilarang Pulang dari Suriah


Tentara Australia di Afghanistan. (Foto: Dok)

Tentara Australia di Afghanistan. (Foto: Dok)

Pejabat-pejabat Australia khawatir warga negaranya yang menjadi radikal akibat pertempuran di Suriah akan meningkatkan ancaman tindakan teroris di Australia.

Mantan Menteri Luar Negeri Australia Bob Carr mendesak pemerintahnya untuk mempertimbangkan tindakan mencegah warga Australia yang berperang di Suriah untuk pulang.

Bob Carr adalah menteri luar negeri pemerintah Partai Buruh yang kalah dalam pemilihan umum bulan lalu. Ia mengatakan kepada Australian Broadcasting Corporation (ABC) bahwa sebagai menteri, ia telah diberitahu departemennya bahwa mencegah warga Australia kembali pulang dari perang saudara Suriah adalah ilegal karena akan membuat mereka tidak punya negara.

Bob Carr mendesak pemerintah baru untuk mengupayakan pilihan legal guna mencapai tujuan itu.

Pejabat-pejabat keamanan Australia khawatir warga Australia yang menjadi radikal akibat pertempuran di Suriah akan meningkatkan ancaman tindakan teroris di Australia.

Jaksa Agung George Brandis dalam sebuah pernyataan mengatakan pemerintah Australia “sangat prihatin dengan kondisi warga Australia yang bertempur di Suriah”.
XS
SM
MD
LG