Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Menhan AS: Amerika Terlambat Bertindak Terhadap Suriah


mantan Menteri Pertahanan Amerika, Leon Panetta (Foto: dok).

mantan Menteri Pertahanan Amerika, Leon Panetta (Foto: dok).

Mantan Menhan AS, Leon Panetta dalam program televisi CBS "60 Minutes", Minggu (21/9), mengungkapkan bahwa telah mendesak Presiden Obama pada tahun 2012 agar mempersenjatai pemberontak Suriah moderat melawan Presiden Bashar al-Assad.

Munculnya kebrutalan kelompok ISIS sebagian dapat dipersalahkan pada kegagalan Presiden AS, Barack Obama, untuk mempersenjatai kelompok pemberontak Suriah yang moderat secara lebih dini. Demikian keterangan Mantan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, yang dikeluarkan setelah Kongres AS meluluskan rencana Obama, Kamis lalu, untuk melatih dan mempersenjatai kelompok pemberontak Suriah yang moderat guna melawan para pejuang ISIS.

Panetta berbicara dalam program berita televisi CBS "60 Minutes" yang disiarkan hari Minggu (21/9). Dia mengungkapkan bahwa dia dan Menteri Luar Negeri AS waktu itu, Hillary Clinton, telah mendesak Presiden Obama pada tahun 2012 agar mempersenjatai pemberontak Suriah moderat untuk melawan Presiden Bashar al-Assad.

Panetta memperingatkan bahwa akan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengalahkan ISIS. Panetta juga mengakui, dia tidak sepenuhnya yakin bahwa menarik mundur pasukan AS dari Irak pada tahun 2011 adalah tindakan yang tepat.

XS
SM
MD
LG