Tautan-tautan Akses

Mantan Menhan Afghanistan Mundur dari Capres


Jenderal Abdul Rahim Wardak hari Minggu (16/3) mengumumkan bahwa ia mundur dari pertarungan pilpres Afghanistan (foto: dok).

Jenderal Abdul Rahim Wardak hari Minggu (16/3) mengumumkan bahwa ia mundur dari pertarungan pilpres Afghanistan (foto: dok).

Mantan Menhan Afghanistan Jenderal Abdul Rahim Wardak hari Minggu (16/3) mengumumkan bahwa ia mundur dari pertarungan pilpres Afghanistan 5 April mendatang.

Mantan Menteri Pertahanan Afghanistan Abdul Rahim Wardak mundur dari pemilu presiden bulan depan, membuat hanya tinggal sembilan calon presiden untuk menggantikan Hamid Karzai nanti.

Abdul Rahim Wardak hari Minggu (16/3) mengumumkan bahwa ia mundur dari pertarungan tersebut tetapi tidak memberi alasan dan tidak mendukung calon lain bagi pemilu tanggal 5 April mendatang.

Abdul Rahim Wardak adalah kandidat kedua yang mundur setelah abang Hamid Karzai – Qayyum Karzai – yang mengundurkan diri awal bulan ini. Setelah mengumumkan pengundurannya itu, Qayyum Karzai menyampaikan dukungan bagi mantan menteri luar negeri Zalmai Rassoul, yang dinilai sebagai salah seorang dari tiga kandidat terkuat.

Dua kandidat lainnya adalah mantan menteri keuangan Ashraf Ghani dan mantan menteri luar negeri yang menjadi peraih suara kedua terbanyak dalam pemilu tahun 2009 yang disengketakan – Abdullah Abdullah.

Hamid Karzai telah menjabat posisi presiden selama dua periode dan UU melarang pencalonan dirinya kembali sebagai presiden. Ia telah menolak menandatangani perjanjian dengan Amerika untuk mengijinkan sebagian tentara Amerika tetap berada di Afghanistan selepas tenggat penarikan mundur pasukan akhir tahun ini.

Pejabat-pejabat Amerika mengatakan jika Hamid Karzai tidak segera menyetujui perjanjian yang sudah lama tertunda itu, maka seluruh tentara Amerika akan ditarik mundur dari negara itu pada bulan Desember ini.
XS
SM
MD
LG