Tautan-tautan Akses

Mantan Kepala Pertahanan Australia Pimpin Pencarian Pesawat Malaysia


Angkatan Udara Australia dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines yang hilang.

Angkatan Udara Australia dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines yang hilang.

​Pemerintah Australia telah menunjuk bekas kepala pasukan pertahanannya untuk mengkoordinasi usaha pencarian pesawat penumpang Malaysia Airlines yang hilang sejak tanggal 8 Maret, dan diduga jatuh di Lautan Hindia bagian selatan, dekat Australia.

Perdana Menteri Australia Tony Abbot mengatakan Marsekal Udara Angus Houston akan memimpin pusat koordinasi gabungan yang dipusatkan di kota Perth, tempat usaha pencarian sekarang dilakukan.

Pencarian itu melihatkan sekitar 60 pesawat terbang dan kapal laut yang dikirim lebih dari 20 negara.

Pesawat Malaysia Airlines itu hilang dari radar kurang dari satu jam setelah tinggal landas dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing, dengan mengangkut 239 penumpang dan awaknya.

Semula pesawat itu diperkirakan mengalihkan jalur penerbangannya ke barat laut, yang mungkin membawanya sampai ke Kazakhstan, tapi data-data satelit menunjukkan pesawat itu terbang ke arah selatan dan kemungkinan jatuh ke laut setelah bahan bakarnya habis.

Tidak jelas apakah pengalihan jalur penerbangan itu disebabkan aksi pembajakan, atau kerusakan teknis yang mengakibatkan pesawat itu tidak bisa dihubungi.
XS
SM
MD
LG