Tautan-tautan Akses

Mantan Kepala IMF Dikenai Dakwaan, Permohonan Bebas dengan Jaminan Dikabulkan


Mantan Kepala IMF, Dominique Strauss-Kahn (kanan) bersama pembelanya, Benjamin Brafman hadir di pengadilan Manhattan, New York.

Mantan Kepala IMF, Dominique Strauss-Kahn (kanan) bersama pembelanya, Benjamin Brafman hadir di pengadilan Manhattan, New York.

Strauss-Kahn, 62 tahun, bisa dibebaskan dengan syarat menyetor sebesar uang jaminan 1 juta dolar AS dan juga obligasi senilai lima juta dolar.

Mantan kepala Dana Moneter Internasional, Dominique Strauss-Kahn, telah dikabulkan permohonannya menjalani tahanan luar dengan jaminan sambil menunggu sidang atas dakwaan melakukan serangan seksual dan berusaha memperkosa seorang pelayan di sebuah hotel di New York.

Strauss-Kahn yang berusaha 62 tahun bisa dibebaskan dari penjara Rikers Island hari Jumat, tetapi hanya dengan syarat bahwa ia menyetor sebesar satu juta dolar AS uang jaminan dan juga obligasi senilai lima juta dollar yang dijamin dengan sebuah rumah keluarga. Dia juga harus tunduk pada pengawasan elektronik dan diawasi oleh penjaga bersenjata. Mantan kepala IMF itu sebelumnya menyerahkan paspornya kepada pihak berwenang Amerika.

Syarat-syarat tersebut dimaksudkan untuk menjamin bahwa Strauss-Kahn akan muncul di pengadilan untuk persidangan. Dia terancam hukuman penjara yang lama jika terbukti bersalah.Tim jaksa menentang jaminan dengan alasan bahwa Strauss-Kahn memiliki kekayaan dan koneksi yang diperlukan untuk meninggalkan Amerika.

Strauss-Kahn mengundurkan diri dari posisinya di IMF Rabu malam. Strauss-Kahn menyangkal keras dakwaan-dakwaan yang secara resmi dijatuhkan hari Kamis. Sidang dijadwalkan tanggal 6 Juni.

Strauss-Kahn adalah mantan menteri keuangan Perancis, dan selama ini diperkirakan akan segera mengumumkan pencalonan dirinya menjadi presiden Perancis. Laporan-laporan berita sebelum penangkapan dirinya mengatakan dia berpeluang mengalahkan Presiden Nicolas Sarkozy.

XS
SM
MD
LG