Tautan-tautan Akses

Mantan Kepala Angkatan Darat Turki Dapat Penjara Seumur Hidup


Jenderal (Purnawirawan) Ilker Basbug (foto: dok).

Jenderal (Purnawirawan) Ilker Basbug (foto: dok).

Ilker Basbug, jenderal pensiunan angkatan darat Turki, merupakan salah satu di antara 250 orang yang menghadapi vonis atas peran mereka dalam konspirasi menggulingkan pemerintah PM Erdogan.

Sebuah pengadilan Turki telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup bagi seorang mantan kepala angkatan darat dan hukuman penjara yang panjang bagi puluhan orang lainnya atas dugaan berkomplot untuk menggulingkan pemerintah Islam di negara itu.

Jenderal purnawirawan Ilker Basbug, yang menjabat sebagai kepala staf angkatan darat Turki, merupakan terdakwa yang paling terkenal di antara 250 orang yang menghadapi vonis hari Senin atas peran mereka dalam konspirasi "Ergenekon" untuk menggulingkan pemerintah Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan.

Putusan ini mengakhiri pengadilan lima tahun yang telah menjadi pusat ketegangan antara kalangan elit sekuler dan partai AKP pimpinan Erdogan yang berorientasi Islam.

Tersangka utama dalam sidang itu, mantan brigadir jenderal Veli Kucuk, dan sekitar 10 lainnya, mendapat hukuman penjara seumur hidup. Hakim juga memvonis tiga anggota parlemen dari oposisi Partai Rakyat Republik dengan hukuman antara 12 sampai 35 tahun penjara sementara membebaskan 21 orang lainnya.

Para terdakwa dalam kasus penting yang memecah belah itu termasuk perwira militer, politisi, akademisi dan wartawan.

Jaksa penuntut umum mengatakan jaringan nasionalis sekuler, dengan nama rahasia Ergenekon, melakukan pembunuhan dan pemboman tanpa dasar hukum untuk memicu kudeta militer.

Sidang lima tahun itu mengungkap ketegangan mendalam antara kalangan elit sekuler dan partai Keadilan dan Pembangunan yang berorientasi Islamis pimpinan Erdogan di negara itu.
XS
SM
MD
LG