Tautan-tautan Akses

Mantan Ibu Negara Nancy Reagan Meninggal dalam Usia 94 Tahun


Mantan Ibu Negara Nancy Reagan dan Presiden Obama

Mantan Ibu Negara Nancy Reagan dan Presiden Obama

Mantan Ibu negara, Nany Reagan, dikabarkan oleh situs hiburan TMZ meninggal dunia dalam usia 94 tahun di rumahnya di Bel-Air, Calif. Mantan ibu negara tersebut tutup usia setelah menderita gagal jantung.

Situs hiburan TMZ melaporkan kabar kematiannya pertama kali Minggu siang (6/3).

Nancy Reagan meninggal di kediamannya di Bel-Air – California karena gagal jantung, demikian ujar asistennya Allison Borio kepada kantor berita Associated Press.

Nancy Reagan mendampingi Presiden Amerika Ronald Reagan selama lebih dari 50 tahun hingga Reagan tutup usia tahun 2004. Ia menjadi ibu negara dari tahun 1981 hingga 1989.

Proyeknya yang paling terkenal sebagai ibu negara adalah kampanye “Just Say No”, untuk membantu anak-anak dan remaja menjauhi narkoba.

Ketika tinggal di Gedung Putih tahun 1981, mantan aktris Hollywood ini suka menggunakan gaun-gaun buatan desainer terkenal dan barang-barang keramik yang mahal, dikecam luas sebagai tokoh perempuan kuno, yang hanya peduli pada fesyen, dekorasi dan hiburan. Ketika Nancy meninggalkan Gedung Putih delapan tahun kemudian, ia sibuk membantah tuduhan bahwa dia-lah yang memainkan peran luar biasa dalam pemerintahan Presien Reagan, dan melakukannya berdasarkan ramalan bintang. Nancy mengatakan misi satu-satunya adalah mendukung “Ronnie” – nama panggilan Ronald Reagan – dan memperkuat kepresidenannya.

Nancy Reagan terpaksa menanggung tuduhan itu seumur hidupnya.

Ia menjadi perawat Ronald Reagan sepenuhnya ketika mantan presiden itu diserang Alzheimer yang merusak ingatannya. Setelah kematian Reagan bulan Juni 2004, Nancy mengabdikan diri untuk mempertahankan warisan suaminya, terutama pada perpustakaan presiden di California dimana Ronald Reagan pernah menjabat sebagai gubernur.

Ia juga memperjuangkan nasib pasien Alzheimer, mengumpulkan jutaan dolar bagi penelitian, dan berbeda dengan anggota konservatif Partai Republik lainnya, Nancy mendorong penelitian sel induk. Ketekunannya menjalankan peran pasca Gedung Putih membantu memperbaiki citra publik tentang mantan ibu negara itu.

Kesetiaan pasangan Ronald dan Nancy selama 52 tahun perkawinan mereka juga merupakan legenda. Keduanya selalu berpegangan tangan. Nancy selalu memperhatikan pidato-pidato politik Ronald Reagan dengan seksama dengan tatapan penuh pujaan. Ronald memanggil Nancy dengan sebutan “Mommy” dan sepanjang hidupnya menulis surat-surat cinta bagi istrinya itu. Nancy menyimpan surat-surat cinta ini dan menerbitkannya dalam sebuah buku, yang digunakannya sebagi penghibur ketika Reagan tidak lagi ingat siapa istrinya. .

Pasangan Ronald dan Nancy Reagan memiliki dua anak – Patti dan Ron. Namun Reagan juga memiliki seorang anak perempuan dari perkawinan sebelumnya, yaitu Maureen, dan seorang anak laki-laki yang diadopsinya dari perkawinannya dengan aktris Jane Wyman, Michael. [em/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG