Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Gubernur Virginia, AS Hadapi Tuduhan Korupsi


Mantan Gubernur Virginia, Bob McDonnell dan isterinya Maureen menolak memberi keterangan kepada media soal persidangannya (foto: dok).

Mantan Gubernur Virginia, Bob McDonnell dan isterinya Maureen menolak memberi keterangan kepada media soal persidangannya (foto: dok).

Mantan Gubernur Virginia, Bob McDonnell dan isterinya Maureen dituduh menerima hadiah dan pinjaman lebih dari 160 ribu dolar dari seorang pengusaha kaya.

Pengadilan korupsi di negara bagian Virginia di Amerika telah menjadi kepala berita di seluruh Amerika, dan dibumbui laporan mengenai hadiah-hadiah mahal, perkawinan yang gagal dan percintaan.

Mantan Gubernur Virginia, Bob McDonnell dan istrinya Maureen dituduh menerima hadiah dan pinjaman lebih dari 160 ribu dolar dari pengusaha kaya sebagai imbalan mempromosikan produk-produk perusahaannya.

Bob McDonnell yang dulunya dipercaya untuk berjuang bagi warga Virginia, kini harus berhadapan dengan pengadilan.

"Saya tidak bisa berkomentar mengenai kesaksian apapun dalam persidangan," kata McDonnell menolak berkomentar kepada media.

Ini adalah yang pertama kalinya seorang gubernur Virginia menghadapi pengadilan mengenai tuduhan korupsi.

"Saya rasa gubernur akan kelihatan bodoh," kata seorang pengamat.

Pasangan suami istri McDonnell dituduh menerima sejumlah hadiah mewah dan pinjaman dari pengusaha Jonnie Williams termasuk 15 ribu dolar untuk pernikahan putri mereka.

Pengacara McDonnell mengatakan Maureen McDonnell “jatuh hati” pada Williams dan menolak klaim jaksa bahwa McDonnell menggunakan kantor gubernur untuk mempromosikan perusahaan suplemen makanan William.

Pengadilan terhadap politisi Amerika bukan hal yang baru.

"Pastinya perilaku di hadapan pengadilan hari ini tidak akan pernah diulangi," ujar Bob Filner.

Filner adalah mantan Walikota San Diego yang dipenjara setelah dinyatakan bersalah melakukan penyerangan seksual tahun lalu.

Trey Radel, seorang anggota Kongres dari Florida mengundurkan diri dari jabatannya setelah mengaku bersalah memiliki kokain. Ia mengatakan, "Saya telah mengecewakan negara dan konstituen. Saya telah mengecewakan keluarga saya."

Pakar ilmu politik Profesor Quentin Kidd lewat Skype mengatakan pengadilan korupsi, seperti terhadap pasangan McDonnell sering bermula dari laporan penyelidikan yang diterbitkan media Amerika.

"Media mengatakan, tunggu dulu, Ini adalah hadiah yang besar bagi gubernur untuk membayar perkawinan anak perempuannya, ada apa dibalik ini?. Kita punya media yang menelusuri laporan itu dan mengungkapkannya kemudian jaksa berada dibelakang mereka dan mengatakan, Yah mungkin ada kejahatan disini dan mereka akan menyelidikinya, kadang-kadang pejabat sampai dituntut, kadang tidak," papar Quentin Kidd.

Kidd mengatakan media pemberitaan yang bebas sering memantau korupsi. Ia menambahkan, "Saya kira sepanjang sifat manusia seperti itu, akan selalu ada korupsi karena itulah mengapa kita perlu media yang bebas, mengapa kita perlu pengadilan yang independen dari proses politik."

"Kami akan terus menyampaikan kebenaran," kata McDonnell.

Jika dinyatakan bersalah pasangan McDonnell akan menghadapi hukuman penjara puluhan tahun.

(Mike Kornelly/VOA).

XS
SM
MD
LG