Tautan-tautan Akses

Mantan Gubernur Virginia, AS Dihukum 2 Tahun Penjara


Mantan gubernur negara bagian Virginia, Robert McDonnell (tengah) memeluk dua anak perempuannya setelah pembacaan vonis di Richmond, Virginia (6/1).
Mantan gubernur negara bagian Virginia, Robert McDonnell (tengah) memeluk dua anak perempuannya setelah pembacaan vonis di Richmond, Virginia (6/1).

Mantan gubernur negara bagian Virginia – Robert McDonnell – telah dijatuhi vonis dua tahun hukuman penjara dalam kasus korupsi.

Mantan gubernur negara bagian Virginia, Robert McDonnell yang berusia 60 tahun, sebelumnya merupakan tokoh Partai Republik yang sangat populer dan pernah disebut-sebut akan menjadi kandidat presiden atau wakil presiden Amerika.

Tetapi hal itu berubah dengan cepat setelah masa jabatannya sebagai gubernur Virginia secara resmi berakhir awal tahun lalu dan dalam waktu beberapa hari ia dituntut di pengadilan – bersama istrinya Maureen.

Setelah pengadilan yang berlangsung cukup lama, bulan September lalu keduanya dinyatakan terbukti bersalah menerima hadiah dan pinjaman bernilai 177 ribu dolar dari seorang pebisnis – Jonnie Williams – yang sedang berupaya memperkenalkan manfaat makanan tambahan atau dietary supplement pada para pejabat.

Kuasa hukum McDonnell berupaya agar mantan gubernur ini hanya dihukum kerja bakti selama enam ribu jam, tanpa dikenai hukuman penjara. Di Richmond – ibukota Virginia – McDonnell mengatakan kepada hakim federal James Spencer bahwa “ia sangat sedih dan malu”.

Hakim Spencer mengatakan ia terharu dengan begitu besarnya dukungan bagi McDonnell dan seruan untuk meringankan hukumannya, karena McDonnell dapat menghadapi hukuman lebih dari 10 tahun di penjara federal.

Namun hakim itu mengatakan “sanksi harus dijatuhkan. Tidak seperti Pontius Pilatus, saya tidak bisa menutup mata atas apa yang telah terjadi. Hukuman harus dijatuhkan”.

Hakim federal James Spencer mengatakan McDonnell diharuskan melapor ke penjara selambat-lambatnya tanggal 9 Januari, meski pengacaranya mengatakan berencana akan naik banding.

Vonis yang dijatuhkan terhadap McDonnell jauh dibawah pedoman hukuman Amerika bagi korupsi, di mana 12 anggota juri memutuskan bahwa McDonnell bersalah.

Maureen McDonnell – yang kini hidup pisah dari mantan gubernur itu – dijadwalkan akan dijatuhi vonis bulan depan.

XS
SM
MD
LG