Tautan-tautan Akses

Mantan Ajudan Saddam Hussein Tewas di Irak


Mantan deputi pemimpin Dewan Komando Revolusi Irak, Izzat Ibrahim al-Douri.

Mantan deputi pemimpin Dewan Komando Revolusi Irak, Izzat Ibrahim al-Douri.

Setelah diburu selama 12 tahun terakhir, para pejabat Irak mengatakan seorang pembantu dekat mantan pemimpin Irak Saddam Hussein yang kini menjadi salah satu tokoh kunci ISIS, Izzat Ibrahim al-Douri, tewas dalam operasi militer.

Televisi Al-Arabiya mengutip gubernur provinsi Salahuddin yang menyebut al-Douri sebagai dalang Negara Islam (ISIS) dan bahwa tewasnya al-Douri merupakan pukulan terhadap kelompok itu.

Berbagai laporan media mengatakan tes DNA akan dilakukan untuk mengukuhkan bahwa al-Douri memang telah tewas. Al-Douri diyakini berada di balik pemberontakan terhadap pemerintah pimpinan Syiah Irak saat ini.

Sebuah foto yang konon menunjukkan al-Douri yang sudah tewas beredar di media sosial hari Jumat. Mayat itu terlihat seperti mantan ajudan Hussein, yang memiliki ciri khas rambut wajahnya yang berwarna merah. Gigi depan mayat dalam foto itu juga tampak hilang.

Al-Douri berada dalam daftar yang disusun Amerika dan berisikan para bekas pejabat Irak yang paling dicari sejak berlangsung invasi pimpinan Amerika ke Irak tahun 2003.

XS
SM
MD
LG