Tautan-tautan Akses

Mandela Diperbolehkan Keluar Dari Rumah Sakit


Kantor kepresidenan Afrika Selatan mengatakan bahwa Nelson Mandela telah diperbolehkan meninggalkan rumah sakit, Rabu (26/12).

Kantor kepresidenan Afrika Selatan mengatakan bahwa Nelson Mandela telah diperbolehkan meninggalkan rumah sakit, Rabu (26/12).

Afrika Selatan mengatakan mantan presiden Nelson Mandela sudah keluar dari rumah sakit, 18 hari setelah ia mendapat perawatan medis.

Pernyataan singkat dari kantor kepresidenan Afrika Selatan mengatakan Mandela diperbolehkan meninggalkan rumah sakit Rabu petang (26/12).

Jurubicara Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengatakan mantan pemimpin Nelson Mandela dalam keadaan cukup bersemangat ketika ia kembali ke rumah untuk dirawat setelah berada di rumah sakit selama 18 hari.

Mac Maharaj mengatakan kepada VOA bahwa Mandela yang berusia 94 tahun itu “kelihatan” sehat setelah menjalani pengobatan karena infeksi paru-paru dan batu empedu, dan bahwa dikeluarkannya ia dari rumah sakit merupakan kejadian penting dalam pemulihannya.

Mandela keluar rumah sakit Rabu malam dan akan menjalani perawatan di rumah di kediamannya di Houghton, di pinggir kota Johannesburg, sampai ia pulih sepenuhnya.

Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian itu menjadi presiden kulit hitam Afrika Selatan yang pertama tahun 1994 setelah dipenjarakan selama 27 tahun karena tentangannya pada apartheid. Ia sering sakit-sakitan dan jarang tampil di depan umum dalam beberapa tahun belakangan ini.

Mandela usia 94 tahun dibawa ke sebuah rumah sakit di Pretoria tanggal 8 Desember lalu. Afrika Selatan mengatakan pemimpin anti apartheid itu dirawat karena infeksi paru-paru dan telah menjalani pembedahan untuk mengangkat batu empedu semasa ia dirawat inap di rumah sakit itu.
XS
SM
MD
LG