Tautan-tautan Akses

Mandat Habis, Tim Pemantau PBB Tinggalkan Suriah


Para anggota misi pemantau PBB meninggalkan Suriah setelah mandat mereka berakhir hari Minggu (19/8).

Para anggota misi pemantau PBB meninggalkan Suriah setelah mandat mereka berakhir hari Minggu (19/8).

Para anggota misi pemantau PBB di Suriah telah meninggalkan Damaskus, setelah mandat mereka habis untuk memantau gencatan senjata yang tidak pernah bertahan.

Para pemantau yang berangkat menuju Libanon hari Senin itu adalah bagian dari kelompok yang semula terdiri dari 300 anggota. Sisa anggota misi akan keluar dari Suriah selambat-lambatnya akhir pekan depan.

Mandat misi itu berakhir hari Minggu, dan Dewan Keamanan PBB sepakat untuk hanya meninggalkan sebuah kantor penghubung kecil di Suriah untuk mendukung upaya perdamaian pada masa depan.

Para pemantau dikirim ke Suriah sebagai bagian dari rencana utusan internasional Kofi Annan untuk menghentikan kekerasan di Suriah. Tetapi pertumpahan darah terus berlanjut, sehingga misi menghentikan tugasnya bulan Juni.

Annan sendiri mengundurkan diri bulan ini, mengeluh tidak dapat menjalankan tugas karena perpecahan dalam masyarakat internasional terkait Suriah dan meningkatnya pertempuran antara tentara dan pemberontak. Annan digantikan diplomat Aljazair Lakhdar Brahimi sebagai utusan internasional untuk Suriah.
XS
SM
MD
LG