Tautan-tautan Akses

Malware ‘BlackShades’ Jangkiti Komputer di 100 Negara


Komputer di lebih dari 100 negara dijangkiti malware atau perangkat lunak canggih yang mampu membajak webcam (foto: ilustrasi).

Komputer di lebih dari 100 negara dijangkiti malware atau perangkat lunak canggih yang mampu membajak webcam (foto: ilustrasi).

FBI mengatakan lebih dari setengah juta komputer di lebih dari 100 negara dijangkiti malware atau perangkat lunak canggih yang mampu membajak webcam.

FBI mengatakan lebih dari setengah juta komputer di lebih dari 100 negara telah dijangkiti malware atau perangkat lunak canggih yang memungkinkan para pelaku kriminal dunia maya atau disebut “cyber-criminals” mengambilalih komputer dan membajak kamera yang ada pada komputer tersebut.

FBI menguraikan penyelidikan tersebut dalam gugatan kriminal yang dibuka di pengadilan federal Manhattan hari Senin (19/5), sewaktu diumumkan gugatan terhadap lima orang.

Sementara itu polisi di seluruh dunia mengatakan mereka baru-baru ini telah menangkap 97 orang di 16 negara yang diduga menggunakan atau menyebarkan perangkat lunak berbahaya yang disebut “BlackShades”.

FBI mengatakan sedikitnya tujuh ribu “Blackshades Remote Access Tool” telah terjual sejak tahun 2010. FBI menambahkan salah satu pembuat program itu kini bekerjasama dengan pemerintah dan memberikan informasi luas tentang program tersebut.

“BlackShades” memungkinkan para peretas mencuri informasi pribadi, mencegat pesan penting dan membajak kamera pada komputer atau webcam untuk digunakan secara diam-diam demi kepentingan mereka.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG