Tautan-tautan Akses

Malta Tolak Tanker Libya Bermuatan Minyak Berlabuh


Kilang minyak di lepas pantai Libya.

Kilang minyak di lepas pantai Libya.

Pihak berwenang di Malta telah melarang sebuah tanker berbendera India berlayar di perairan wilayahnya karena mengangkut minyak ilegal dari Libya.

Distya Ameya membuang jangkar sekitar 12 kilometer lepas pantai Malta Selasa.

Kapal ini bermuatan 650 ribu barel minyak mentah yang dijual oleh pemerintahan Libya di Tobruk. Kantor berita Bloomberg mengatakan, pembelinya adalah perusahaan yang berbasis di Uni Emirat Arab.

Pemerintahan Libya yang berbasis di Tripoli menyebut penjualan minyak itu ilegal. Menurut mereka, National Oil Corporation adalah satu-satunya lembaga yang diakui secara internasional dan yang boleh menjual minyak Libya.

Tetapi perusahaan minyak saingan Eastern Corporation mengatakan, pihaknya wajib memenuhi semua kontraknya.

Kedua pemerintahan Libya yang bersaing ini sudah mengakui wewenang dari pemerintahan persatuan untuk Libya yang didukung PBB.

Juru bicara Departemen Luar Negeri John Kirby mengatakan Selasa, Amerika prihatin dengan pembelian minyak Libya di luar jalur yang sah.

Katanya, semua penjualan minyak berasal dari perusahaan minyak yang berbasis di Tripoli, guna mempertahankan kredibilitas dan stabilitas minyak Libya di pasar minyak internasional.

Libya berada dalam situasi kelumpuhan politik dan kekacauan sejak diktator Moamar Gadafi digulingkan dan dibunuh pada 2011.

Suku-suku dan mantan pemimpin oposisi yang bersaing semuanya berebut kekuasaan dan kendali atas industri minyak, yang berperan dominan dalam ekonomi negara itu. [jm]

XS
SM
MD
LG