Tautan-tautan Akses

AS

Malia Obama Sibuk Pilih Universitas

  • Associated Press

Malia Obama bersepeda bersama ayahnya, Presiden AS Barack Obama, dalam salah satu liburan keluarga di Martha's Vineyard di Massachusetts. (Foto: Dok)

Malia Obama bersepeda bersama ayahnya, Presiden AS Barack Obama, dalam salah satu liburan keluarga di Martha's Vineyard di Massachusetts. (Foto: Dok)

Remaja 17 tahun itu termasuk di antara murid-murid kelas tiga SMA yang sedang senewen karena menghadapi ujian-ujian, mengisi formulir pendaftaran kuliah dan beasiswa, serta menulis esai pribadi.

Pesan Michelle Obama kepada para murid sekolah menengah atas yang sedang bingung memilih universitas sederhana saja.

Lakukan riset, ujarnya, kunjungi kampus-kampus, duduk di ruang kuliah, bicara dengan profesor, alumni dan mahasiswa. Pada akhirnya, memilih universitas "adalah keputusan yang sangat individual."

Ibu negara AS itu mungkin sedang memberi nasihat juga kepada putri sulungnya, Malia, yang akan mulai kuliah musim gugur mendatang.

Remaja berusia 17 tahun itu termasuk di antara murid-murid kelas tiga SMA yang sedang senewen karena menghadapi ujian-ujian, mengisi formulir pendaftaran kuliah dan beasiswa, serta menulis esai pribadi -- semuanya dengan tenggat waktu. Kemudian mereka harus menunggu beberapa bulan untuk tahu hasilnya.

Namun Malia punya keuntungan tersendiri. Sekolah mana yang akan menolak anak presiden?

Ia juga tidak perlu khawatir dengan biaya kuliah, tidak seperti banyak mahasiswa yang sering didorong Presiden AS Barack Obama dan istrinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.

Malia telah mengunjungi sedikitnya selusin universitas negeri dan swasta, sebagian besar di Pantai Timur. Enam diantaranya adalah universitas bergengsi yang termasuk Ivy League dan beberapa berhubungan dengan keluarga Obama.

Obama adalah lulusan Columbia University tahun 1983, sementara Michelle lulus dari Princeton tahun 1985. Sepupu Malia, Leslie Robinson, adalah mahasiswi dan atlet bola basket di Princeton. Presiden dan ibu negara juga mendapat gelar ilmu hukum dari Harvard.

Universitas-universitas lain yang dikunjunginya: University of California, Berkeley; Stanford; New York University (NYU); University of Pennsylvania; Barnard; Tufts; Brown; Yale and Wesleyan.

Biaya Kuliah

Biaya kuliah di universitas-universitas tersebut berkisar antara US$40.000 dan $50.000 untuk tahun ajaran sekarang. Berikut pengeluaran-pengeluaran lain, biaya kuliah S1 Malia dapat mencapai seperempat juta dolar untuk empat tahun.

Tapi pasangan Obama sudah bersiap. Seperti jutaan keluarga lainnya, mereka telah menabung dalam skema tabungan kuliah 529 College Savings Plans, dan memiliki empat rekening, masing-masing antara $50.000 dan $100.000, menurut data keuangan presiden yang tersedia untuk publik.

Ny. Obama mengatakan Malia ingin menjadi pembuat film, dan NYU memiliki Tisch School of the Arts, dengan alumni seperti Martin Scorsese dan Spike Lee.

Musim panas tahun lalu, Malia sempat magang dalam pembuatan serial "Girls" untuk saluran HBO, dan pada 2014 ia magang dalam produksi film seri "Extant" yang dibintangi Halle Berry.

Michelle baru-baru ini mengatakan bahwa Malia juga sempat magang beberapa kali di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington.

Sementara itu, ayahnya bertekad tidak akan mengantarnya saat memulai kuliah karena terlalu emosional, dan ia tidak ingin menangis.

"Tidak masuk akal. Michelle dan saya terlalu muda untuk punya putri-putri yang hampir kuliah. Jadi sebagai orangtua, saya agak gelisah," ujarnya.

Michelle sendiri, lewat inisiatif "Reach Higher", mendorong murid-murid SMA untuk kuliah di universitas atau akademi kejuruan. Dalam sebuah diskusi panel bulan September lalu di Howard County Community College dekat Baltimore, para murid meminta nasihat kepadanya, mulai dari mencari sekolah yang tepat sampai tips untuk putri-putrinya.

"Kami berdiskusi mengenai hal ini di rumah setiap malam. Dan tidak ada formula ajaib. Ini keputusan yang sangat individual," ujarnya. [hd]

XS
SM
MD
LG