Tautan-tautan Akses

Mali Tunggu Pengumuman Hasil Pemilu Presiden


Para petugas pemilu presiden di Mali tengah menghitung surat suara di sebuah TPS di Kidal, Mali (28/7).

Para petugas pemilu presiden di Mali tengah menghitung surat suara di sebuah TPS di Kidal, Mali (28/7).

Para pejabat pemilu di Mali diperkirakan akan mengeluarkan hasil sementara pemilihan presiden negara tersebut hari ini, Kamis (1/8).

Pemilu hari Minggu (28/7) dipandang sebagai langkah pertama menuju pemulihan Mali setelah 18 bulan kerusuhan, yang mencakup kudeta militer dan pengambilalihan wilayah utara negara itu oleh kaum Islamis.

Hasil tersebut semula diperkirakan akan diumumkan hari Rabu, namun para pejabat mengatakan mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk memeriksa kebenaran penghitungan suara yang datang dari masing-masing TPS seluruh negara tersebut.

Hasil penghitungan sebagian sebelumnya pekan ini menunjukkan mantan perdana menteri Ibrahim Boubacar Keita dengan keunggulan yang cukup besar. Menteri administrasi teritori Kolonel Moussa Sinko Coulibaly mengatakan apabila selisih suara tetap sama, pemilihan babak kedua tidak perlu digelar.

Calon-calon lain menolak kesimpulan tersebut. Para pemimpin dari partai oposisi yang mendukung Soumaila Cisse mengatakan hari Rabu mereka memperkirakan pemilihan babak kedua akan digelar di negara itu.
XS
SM
MD
LG