Tautan-tautan Akses

Malaysia Tangkap 14 Tersangka Militan Terkait ISIS


Peta wilayah Malaysia

Peta wilayah Malaysia

Malaysia telah menangkap sedikitnya 36 orang yang dicurigai berkaitan dengan kelompok yang kini menguasai wilayah-wilayah di Irak dan Suriah (ISIS).

Polisi Malaysia mengatakan di antara 14 orang yang baru-baru ini ditangkap dalam razia anti-teror, ada tiga orang yang dicurigai bertugas sebagai perekrut bagi kelompok ISIS.

Negara Asia Tenggara itu kini telah menangkap sedikitnya 36 orang yang dicurigai berkaitan dengan kelompok yang kini menguasai wilayah-wilayah di Irak dan Suriah.

Polisi Malaysia mengungkapkan sedikitnya tiga tersangka yang ditahan pekan ini diduga bagian dari komplotan yang merekrut dan mengirim para pejuang ke Suriah. Mereka termasuk seorang asisten direktur kementerian negara bidang energi, air dan teknologi terbaruka Malaysia, yang dikatakan polisi menjadi sponsor kaum Muslim berangkat ke Suriah, dan mempunyai hubungan dengan kelompok militan Abu Sayyaf.

Polisi menambahkan seorang tersangka lain umur 34 tahun, berperang di Suriah selama empat bulan, sebelum kembali April lalu ke Malaysia, di mana dia memberi penyuluhan kepada calon-calon militan. Seorang tersangka lain lagi umur 37 tahun dikabarkan mengelola halaman Facebook jihadi dan dicurigai berusaha merekrut mahasiswa-mahasiswa perempuan.

XS
SM
MD
LG